Cara Mudah dan Praktis Mendaftar BPJS Kesehatan Secara Online

Mendaftar BPJS Kesehatan kini lebih mudah dan praktis dengan layanan pendaftaran online. Proses ini dirancang untuk memberikan kemudahan bagi siapa saja yang ingin mendapatkan jaminan kesehatan tanpa perlu repot mengunjungi kantor cabang.

Dengan beberapa klik saja di website atau aplikasi resmi BPJS Kesehatan, Anda dapat mengisi formulir pendaftaran, mengunggah dokumen yang diperlukan, dan mengikuti langkah-langkah sederhana untuk menjadi peserta.

Layanan ini tersedia 24 jam, memungkinkan Anda untuk mendaftar kapan saja dan dari mana saja, memberikan solusi yang efisien dan fleksibel untuk kebutuhan kesehatan Anda dan keluarga.

Mulai sekarang, nikmati kemudahan Daftar BPJS Kesehatan secara online dan pastikan Anda dan keluarga terlindungi dengan akses kesehatan yang lebih baik dan lebih cepat.

Fasilitas Kamar untuk Peserta BPJS Kesehatan

Tingkat iuran yang dibayar oleh peserta BPJS Kesehatan menentukan jenis fasilitas rawat inap yang akan diterima, sesuai dengan kelas perawatan yang berbeda.

1. Fasilitas BPJS Kesehatan untuk Kelas 1

Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau Bukan Pekerja (BP) yang membayar iuran sebesar Rp150.000,00 per bulan akan memiliki akses ke fasilitas ruang rawat inap dengan kapasitas 2 hingga 4 orang.

2. Fasilitas BPJS Kesehatan untuk Kelas 2

Untuk PBPU atau BP yang membayar iuran Rp100.000,00 per bulan, fasilitas yang disediakan adalah ruang rawat inap yang menampung 3 hingga 5 orang.

3. Fasilitas BPJS Kesehatan untuk Kelas 3

PBPU atau BP dengan iuran bulanan Rp35.000,00 akan mendapatkan fasilitas ruang rawat inap yang berkapasitas 4 hingga 6 orang.

Meskipun ada perbedaan dalam kapasitas ruang rawat inap berdasarkan kelas, semua peserta BPJS Kesehatan mendapatkan pelayanan medis yang sama, termasuk layanan dokter, radiologi, dan laboratorium.

Prosedur Pendaftaran BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan mengklasifikasikan pesertanya ke dalam lima kelompok utama, dengan masing-masing kelompok memiliki proses pendaftaran yang spesifik.

BACA INI  Inovasi Teknologi untuk Mengoptimalkan Layanan Serviced Office

1. Pekerja Penerima Upah

Untuk pendaftaran BPJS Kesehatan, penerima upah seperti PNS, Pejabat Negara, dan pegawai swasta biasanya didaftarkan oleh departemen Sumber Daya Manusia (SDM) dari institusi masing-masing.

Kelompok ini mendapatkan jaminan asuransi untuk peserta, pasangan, dan tiga anak yang belum dewasa atau belum menikah. Jika suami dan istri sama-sama bekerja, kedua pihak akan mendapatkan pemotongan premi sebesar 1 persen dari gaji masing-masing.

2. Peserta dari Pemerintah Daerah (PD Pemda)

Kelompok ini terdiri dari penduduk yang didaftarkan oleh pemerintah daerah melalui Penduduk Bukan Penerima Upah (PBPU Pemda). Pendanaan untuk kelompok ini disediakan oleh APBD setempat, berdasarkan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara BPJS Kesehatan dan pemerintah daerah, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

Proses pendaftaran dilaksanakan sesuai dengan ketentuan dari pemerintah daerah dan biasanya melalui perangkat pemerintahan.

3. Penerima Bantuan Iuran

Kelompok ini terdiri dari penduduk yang didaftarkan oleh pemerintah pusat dengan iuran yang ditanggung oleh APBN. Semua peserta dalam kelompok ini terdaftar dalam kelas 3.

Pekerja Bukan Penerima Upah & Bukan Pekerja: Pendaftaran BPJS Kesehatan Mandiri

Peserta yang bukan penerima upah dan bukan pekerja sering kali dikenal sebagai peserta mandiri BPJS Kesehatan.

Untuk kelompok ini, pendaftaran dilakukan sekeluarga dan harus menggunakan kartu keluarga sebagai dokumen utama. Peserta bisa mendaftar di kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat atau secara online.

Langkah dan Persyaratan Mendaftar BPJS Kesehatan bagi Peserta Mandiri:

  1. Siapkan Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan NPWP (jika memiliki).
  2. Pastikan memiliki telepon genggam dengan nomor yang aktif.
  3. Miliki rekening bank atas nama pendaftar.
  4. Siapkan pas foto ukuran 3×4 dengan ukuran file digital maksimal 50 kb.
  5. Alamat email yang valid dan aktif.
BACA INI  Rahasia Terungkap: Alamat Virtual Berbahaya yang Harus Dihindari

Tahapan Registrasi BPJS Kesehatan Melalui Aplikasi Mobile JKN

Untuk Cara Daftar BPJS Kesehatan Online melalui aplikasi, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Download aplikasi Mobile JKN dari Playstore atau App Store.
  2. Buka aplikasi dan klik tombol 'Daftar'.
  3. Pilih opsi 'Pendaftaran Peserta Baru', lalu tandai kotak 'Setuju'.
  4. Masukkan NIK KTP Anda dan ketik kode captcha yang muncul. Aplikasi akan menampilkan data keluarga dan informasi calon peserta. Lengkapi semua data diri yang diperlukan.
  5. Pilih klinik atau dokter yang diinginkan, termasuk dokter gigi jika diperlukan.
  6. Masukkan alamat email yang aktif dan klik 'Simpan'. Sebuah kode verifikasi akan dikirim ke email Anda.
  7. Masukkan kode verifikasi yang diterima ke dalam aplikasi Mobile JKN.
  8. Setelah itu, Anda akan mendapatkan virtual account untuk pembayaran premi. Kartu BPJS Kesehatan Anda akan aktif dalam 14 hari kerja setelah pembayaran premi pertama.

Dengan kemudahan akses aplikasi Mobile JKN, mendaftar BPJS Kesehatan secara online kini menjadi proses yang praktis dan dapat dilakukan dengan cepat dari kenyamanan rumah Anda.