Menjelajahi Tangkahan Langkat, Permata Tersembunyi di Sumatera Utara

Tangkahan, terletak di kabupaten Langkat, Sumatera Utara, adalah permata tersembunyi yang menyajikan keajaiban alam yang masih perawan dan asri.

Dikenal sebagai "The Hidden Paradise of Sumatra," Tangkahan menawarkan gabungan antara hutan hujan tropis yang lebat dan sungai-sungai berair jernih yang mengalir melalui tebing-tebing dan lembah-lembah yang menakjubkan.

Tempat ini menjadi surga bagi para pecinta alam dengan aktivitas seperti trekking, berenang di sungai alami, dan pengalaman berinteraksi langsung dengan gajah-gajah sumatera.

Tidak hanya kekayaan alamnya yang memikat, Tangkahan juga berkomitmen pada pelestarian lingkungan melalui keterlibatan komunitas lokal dalam ekowisata yang berkelanjutan.

Keindahan alam yang dipadukan dengan upaya konservasi ini menjadikan Tangkahan destinasi yang unik dan mempesona bagi setiap pengunjung.

Pesona dan Keunikan Ekowisata Tangkahan

Tangkahan Langkat memikat hati dengan hutan hujan tropisnya yang rimbun, interaksi langsung dengan gajah-gajah Sumatera, dan kegiatan ekowisata yang berkelanjutan, menjanjikan petualangan yang mendukung upaya pelestarian alam.

1. Jelajah Hutan dan Tubing Sungai Tangkahan

Nikmati petualangan menarik menyusuri hutan dan sungai Tangkahan dengan tubing, menggunakan ban terapung. Tawaran ini hanya Rp 75.000 per orang, sudah termasuk makanan.

2. Menikmati Waktu di Air Terjun dengan Senang Hati

Kunjungi berbagai air terjun indah di Tangkahan, tempat Anda bisa bermain air dan menyaksikan monyet berayun dari satu pohon ke pohon lain.

3. Berendam di Pemandian Air Hangat

Di Tangkahan, terdapat sumber air hangat alami di tepi sungai, sempurna untuk berendam dan merelaksasikan tubuh.

4. Berswafoto di Jembatan Gantung

Jembatan gantung di Tangkahan menawarkan spot fotografi yang unik dan sangat instagramable dengan latar belakang alam yang eksotis.

5. Interaksi dengan Gajah

Ambil kesempatan untuk memandikan dan menunggangi gajah di aliran sungai Tangkahan, di bawah pengawasan petugas yang terampil.

BACA INI  Petualangan Membasahi: Panduan Bertahan saat Cuaca Hujan Menyapa saat Camping

Mengakses Ekowisata Tangkahan: Petualangan yang Mudah Dijangkau

Meskipun berada di dalam hutan, mengakses ekowisata Tangkahan tidaklah sulit. Dari Bandar Udara Kualanamu, Anda bisa naik bus Damri ke Terminal Pinang Baris, kemudian melanjutkan perjalanan ke Tangkahan yang memakan waktu sekitar 4-5 jam.

Alternatifnya, untuk kemudahan, Anda dapat menyewa mobil langsung dari bandara menuju Tangkahan. Setibanya di lokasi, Anda tidak perlu khawatir tentang bagaimana cara mengeksplorasi lebih dalam karena banyak jasa pemandu wisata tersedia di sana.

Anda memiliki opsi untuk memilih sesuai dengan budget yang Anda miliki. Perjalanan akan berlanjut dengan rakit untuk menyeberangi Sungai Batang Serangan yang jernih dan menyegarkan.

Beragam Kegiatan Menarik dan Penginapan di Ekowisata Tangkahan

Di Tangkahan, kegiatan tak hanya terbatas pada interaksi dengan gajah. Anda bisa menikmati berbagai aktivitas alam lain seperti trekking hutan, river tubing di Sungai Buluh, bermain di Air Terjun Gelugur, berendam di sumber air panas alami Tangkahan, dan mengunjungi jembatan gantung yang unik.

Pemandangan alam yang asri dan terjaga akan memanjakan mata Anda. Untuk benar-benar menikmati keindahan Tangkahan, disarankan untuk menginap minimal tiga hari dua malam.

Banyak penginapan berkonsep alami tersedia dengan tarif mulai dari Rp100.000 per malam, memudahkan Anda untuk memilih sesuai dengan anggaran dan kenyamanan Anda.

Baca Juga: Pesona Pantai Nirwana Padang, Surga Tersembunyi Nan Indah di Sumatera Barat

Tips Berwisata ke Ekowisata Tangkahan

Ketika merencanakan kunjungan ke Tangkahan, pertimbangkan tips berikut untuk pengalaman yang menyenangkan:

  1. Persiapkan peralatan untuk menginap di alam terbuka, termasuk spray anti nyamuk, sunscreen, dan obat-obatan pribadi yang mungkin Anda butuhkan.
  2. Spray anti nyamuk tidak hanya penting untuk menghindari gigitan nyamuk, tetapi juga efektif untuk mengusir lintah yang sering menempel di kaki saat berjalan melalui hutan.
  3. Gunakan sepatu yang nyaman untuk trekking hutan. Selalu hormati penghuni asli Tangkahan, yaitu gajah. Jangan mengganggu mereka dan perlakukan mereka dengan lembut karena gajah adalah hewan yang sensitif.
  4. Karena Tangkahan adalah area konservasi, penting untuk selalu menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.
BACA INI  Panduan Menikmati Bulan Madu yang Romantis di Destinasi Impian Anda

Tangkahan, dengan keindahan alam yang memukau dan komitmen kuat terhadap pelestarian lingkungan, menawarkan pengalaman wisata yang tak hanya memanjakan mata tetapi juga memberi pelajaran berharga tentang keharmonisan alam.